Kamis, 03 Juli 2014

WY Diduga Embat Dana Bina Marga Ratusan Juta Ketahuan BPK Jatim




Mojokerto – Pos Anggaran 2013 Bina Marga Pekerjaan Umum (PU) Kota Mojokerto tentang pemeliharaan infrastruktur/jalan di embat oleh Kepala Bagian (kabag) Bina Marga. Beruntung dana negara itu diselamatkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jatim.
 
Informasi yang diterima oleh awak media ini, tahun 2013 WY (54) menjabat sebagai kabag Bina Marga PU Kota Mojokerto, dalam tugas pokok WY diberi amanah menjadi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), sedangkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ditugaskan kepada
YD (45) Kasi pemeliharaan. Untuk melancarkan meraup keuntungan pribadi sangatlah mudah bagi WY, karena semua tugas kegiatan remot kontrol ada pada dirinya.

Pengakuan sumber, Untuk menyerap dana ratusan juta itu WY membuat laporan SPJ fiktif tentang kegiatan yang dia peroleh. Walhasil dana ratusan juta pun ditangannya, tetapi tidak sedikitpun pekerjaan dilaksanakan.

”jelas dia untung 100%, karena pekerjaan tidak dilaksanakan tapi SPJ rampung dan dana dia serap” ungkap sumber media ini yang tidak mau disebutkan nama.

Terkait SPJ yang di fiktifkan oleh WY, media ini berusaha konfirmasi melalui via sms saluler pribadi WY kamis 03/06/2014,”saya masih rapat mas”. Selang 40 menit WY sms lagi pada awak media ini. “langsung konfirmasi ke Pak Efendy mas, sebab beliau atasan saya.” isi sms WY.

Dalam pemerikasaan BPK tahun 2014 bulan kemarin, Pos anggaran Bina Marga tahun 2013 sudah diserap ratusan juta tentang kegiatan pemeliharaan, tetapi tidak ada pekerjaan dilapangan. Sehingga WY sebagai PPTK harus bertanggung jawab penuh dalam kegiatan meskipun jabatan nya sudah digeser yang sekarang WY menjabat Kabag Pengairan PU.

Kabar dari pengakuan sumber media ini. WY mengebalikan dana tersebut dari sumber dana kegiatan lain, yaitu dibagian Pengairan. Sehingga kegiatan pengairan untuk tahun ini molor.(dak/tim)

Populer