Sabtu, 07 Juni 2014

Dugaan Pungli Timbangan Mojoagung Jombang






Petugas Dibawakan Buah Pisang Oleh Kernet Truk

MAJAnews – Timbangan Muat Mojoagung yang ada di jalan Raya Mojoagung, Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, diduga melakukan pungutan liar (Pungli) terhadap Mobil Truk angkutan yang melebihi muatan disaat melakukan timbang.
terbuktinya Dugaan pungli itu, disaat awak Media ini melakukan investigasi Sabtu (07/06/2014) di lingkungan Timbangan tersebut.

Atas laporan masyarakat tentang Pungli Timbangan Mojoagung-Jombang, awak media melakukan pendekatan kepada petugas yang ada di area timbangan. walhasil, didalam ruangan seluas kurang lebih 4x4 meter yang diduga ruang kusus pungli, awak media menjumpai seorang kernet truk masuk ke ruangan langsung menaruh sejumlah uang di atas meja petugas yang berinisal DA.

Adanya team awak media, Dengan cepat suara lantang petugas mengembalikan uang yang ditaruh.

Salah satu sopir truk yang tidak mau disebutkan namanya, menjelaskan dengan gamblang tentang kinerja  para oknum timbangan.

“la emang di situ tadi ada sampean mas, ya dikembalikan lagi uang nya, cobak kalau tidak ada sampean ya tetap diterima” jelas sumber dengan senyum.

Para oknum sudah mengendus kedatangan awak media, sehingga mereka dengan cepat melakukan perapian didalam kenerjanya. Kode dengan kode petugas lontarkan kepada para sopir truk.

Team awak media mencoba melakukan pengawasan dari luar, kejadian lucu tiba-tiba muncul dari arah barat, truk muatan Buah pisang dengan nopol AG 8428 PA disaat melakukan timbang, seorang kernet turun dari kursi truk membawakan Buah pisang kusus buat petugas. merasa ada team awak media.

Petugas yang berinisial WS dan SS kowar-kowar menyuruh membawa kembali pisang yang sudah matang itu.

“hoe.. hoe… gak usah wes… gak usah…” kata SS dengan lantang.

Keterangan sumber, Modus pungli yang dilakukan oleh oknum petugas timbang Mojoagung memang tergolong rapi. Seorang sopir/kernet apabila melebihi kapasitas muatan dalam timbang mereka menaruh sejumlah uang didilam buku kir truk yang sedang di periksa petugas, apabila sopir sudah sering lewat jalan timbangan, maka sopir/kernet tidak usah membawa buku kir, hanya sejumlah uang yang harus ditaruh.

Adanya dugaan pungli itu, disayangkan media ini tidak dapat konfirmasi dari petinggi kantor tersebut. “kalau konfirmasi ya ke pimpinan” ujar petugas DA.(sumber: majanews.com)

Populer